Pages

Kamis, 14 Februari 2013

Teknik Menjual Produk Konvensi


Teknik menjual produk konvensi dapat diakukan dengan cara langsung maupun tidak langsung. Teknik menjual secara langsung adalah pihak organizer/producer melakukan invitasi/undangan kepada pihak pengguna jasa konvensi/user dalam bentuk prensentasi/demonstrasi. Dalam melakukan presentasi pihak organizer akan menjelaskan tentang strategi mereka untuk membuat event tersebut menjadi menarik dan sukses, dan juga menarwarkan fasilitas-fasilitas yang memadai seperti venue yang sesuai dengan tema konvensi tersebut dan dapat memuat peserta konvensi, fasilitas yang ada di venue tersebut, akomodasi untuk para peserta, daily movement/akses kemudahan untuk mencapai lokasi acara, infrastruktur dan atraksi lainnya, Cara penjualan ini disebut dengan “pre-bid fasility visit”. Sedangkan teknik menjual secara tidak langsung adalah pihak organizer terlebih dahulu menyiapkan suatu produk konvensi yang didalamnya terdapat penjelasan tentang venue, akomodasi, restaurant, infrastruktur dan atraksi lainnya, kemudian cara pemasarannya dapat melalui perantara, seperti jasa biro konvensi ataupun menggunakan media dalam mempromosikan produknya.

Perbedaan antara teknik tersebut yaitu teknik menjual secara langsung, dapat menciptakan respon pengguna konvensi/user secara langsung, user akan lebih mendapatkan informasi detail dari pihak organizer dan mempercepat terlaksananya event tersebut. Sedangkan teknik menjual secara tidak langsung, respon yang didapatkan relatif lambat dikarenakan banyaknya pertimbangan yang dilakukan user sebelum memutuskan menggunakan jasa organizer selain itu, user memiliki kesempatan untuk memikirkan secara matang sebelum menggunakan suatu produk konvensi.

Dalam melakukan penjualan secara tidak langsung, dapat menggunakan beberapa media diantaranya:
1.    Mass Media advertising
Organizer menngunakan jasa periklanan untuk memasarkan produk konvensi dengan mengemas dan mendesain sebagus mungkin dan yang yang direncanakan dengan dukungan dari pesan sponsor yang dapat menarik perhatian khalayak seingga dapat mempengaruhi pikiran dan tingkah laku mereka. Media yang digunakan dapat berupa brosur, iklan media cetak, iklan televisi.
2.    Biro konvensi
Oraganizer bekerja sama dengan biro konvensi yang bersifat sebagai perantara untuk memasarkan produk konvensinya kepada user, dengan adanya perjanjian kerja sama sebelumnya.
 3.   Penjualan online
       Produser/organizer memasang iklan di media internet dapat berupa: 
       Bener
Bener merupakan cara promosi penjualan online utama yang umum digunakan dan sangat cocok untuk menjual produk konvensi. mirip seperti brosur dengan gambar atau tulisan animasi yang bisa bergerak, biasanya diletakan pada bagian tertentu pada website
       Email
Hampir semua pengguna internet pasti memiliki akun email pribadil. promosi penjualan dapat langsung dilakukan melalui email marketing secara langsung. pemasaran biasanya mengumpulkan email pelanggan hingga mencapai ribuan dan dengan sekali klik, promosi penjualan dapat langsung diterima dan dibaca oleh pemilik email
       Video
Pengguna internet lebih senang menonton video dibanding membaca artikel. promosi penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan video yang diupload pada situs video seperti youtube. 

Adapun perangkat-perangkat atau alat maupun fasilitas yang digunakan apabila terjadi pre-bid facility visit disuatu convention center yaitu convention hall, ball room dan function hall dengan kapasitas yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan tema acara. Selain itu ada fasilitas seperti panggung, sound system, multimedia serta fasilitas keamanan dan pemadam kebakaran, dll.

1 komentar: